SATU AREMANIA

AREMA,siapa yang tidak tau,siapa yang tidak kenal klub sepakbola asal malang jawa timur ini, arema resmi berdiri sejak 11 Agustus 1987, layaknya barcelona yang menghasilkan pemain berbakat,berkwalitas bintang lima dari akademi la massia, arema juga sering melahirkan pemain pemain muda bertalenta dari akademi sepakbolanya.

Klub yang bermarkas di stadion kanjuruhan kepanjen ini sangat populer di kalangan masyarakat indonesia bahkan mancanegara karena prestasinya,arema sudah sering menjuarai liga sejak era perserikatan dan juga sejak era galatama. Terakhir kali arema menjuarai liga adalah ketika liga super indonesia musim 2009/2010.



ketika itu arema di perkuat oleh pemain muda seperti kurnia meiga,johan alfarizie,dendi santoso dan lain lain, selain itu pemain yang sangat tenar dan menjadi idola baru bagi publik malang adalah duo singapura yaitu m ridhuan dan noh "along" alamshah,ada satu orang lagi yang kala itu di elu elukan yaitu seorang pelatih arema, robert rene albert, berkat racikan tangan dinginnya lah arema bisa "kembali" menjuarai liga.

Selain pemain dan pelatih dalam sepakbola ada juga yang namanya supporter, terlebih di liga sepakbola indonesia,pertandingan sekelas big match seperti arema vs persib atau bahkan persib vs persija tanpa adanya supporter bagai sayur tanpa garam, sudah bisa di pastikan pertandingan menjadi hambar dan tidak seru. Di kubu arema sendiri juga mempunyai supporter fanatik,yaitu aremania dan aremanita sebutan bagi supporter wanita.

Aremania sendiri memang terkenal atraktif, fanatik dan loyal terhadap klub pujaannya AREMA, oleh sebab itu aremania beberapa kali di nobatkan sebagai supporter terbaik di tanah air,bahkan menjadi supporter terbaik se asia tenggara dan yang paling baru aremania juga menyabet gelar supporter terbaik di tahun 2016 saat turnamen piala jendral sudirman.

Slogan "arema tidak kemana mana tapi ada dimana mana" memang benar,karena aremania tidak hanya datang dari wilayah malang raya saja,kini aremania sudah menyebar ke seluruh nusantara,dari sabang sampai merauke ada yang namanya aremania,bahkan di luar negeri pun ada juga aremania.

Oleh sebab itu aremania mulai membentuk korwil korwil dan komunitas dari berbagai daerah,kabupaten dan kota,bahkan dari setiap korwil ada yang resmi di akui manajemen arema, saat peresmian pun di hadiri oleh salah satu manajemen arema, sebut saja AREMANIA PLAT AE, AREMANIA KORWIL JATENG-DIY, AREMANIA DEWATA dan lain lain, selain korwil yang sudah resmi ada juga korwil maupun komunitas aremania yang belum bisa mendeklarasikan korwilnya menjadi korwil resmi, di samping menjadi korwil resmi atau "belum" resmi yang jelas tujuannya satu,yaitu mendukung arema.

Namun karena begitu banyaknya korwil dari berbagai daerah,meskipun sama sama mendukung arema,tidak jarang pula terjadi gesekan antar aremania, terjadi salah paham sesama aremania yang menyebabkan saling benci antar satu korwil/komunitas yang satu terhadap satu korwil/komunitas yang lain, bahkan mungkin ada yang memilih menjauh dari satu komunitas atau kelompok aremania karena suatu kesalah pahaman.

Seharusnya sesama aremania,kita harus menjadi satu,harus bersatu mendukung arema,demi sebuah kebanggaan bersama.
Tidak perlu meninggikan ego dari satu korwil/komunitas, harus menjadi SATU AREMANIA. Seperti kata pacho dalam film darah biru arema "aremania sejati itu tidak berkelahi,tidak bertengkar". Bagaimana bisa supporter sepakbola indonesia bersatu,bagaimana supporter sepakbola indonesia berdamai, jika dari supporter yang sama sama mendukung satu klub masih belum bisa bersatu.
Tentu hal itu harus di mulai dari diri sendiri hingga ke sebuah komunitas.
Karena arema adalah simbol pemersatu, bukan pemecah.


BERSATULAH SUPPORTER INDONESIA
BERSATULAH AREMANIA
SATU AREMANIA
SATU INDONESIA
SALAM SATU JIWA

Comments

Popular Posts